Bugs GTA San Andreas Player Body Part




Tulisan ini berisi kemungkinan penyebab bug textures putih saat mengganti CJ dengan model ped.

No CJ alpha, No White textures bugs

Bugs textures putih
Bug textures tak ditemukan sehingga model menjadi berwarna putih di GTA (SA), umumnya karena GTA gagal, atau 'bingung' menemukan textures yang dimaksud.
Untuk kasus mengganti CJ dengan model ped; bugs textures putih ini kerap terjadi di GTA SA Android, tapi barusan ku alami juga di PC.


seharusnya ↓ ;



Karena aku mendapatkan bug ini di PC ; saat gonta-ganti skin CJ dengan skin selectornya Ryosuke; mulai dari mengganti kaos putihnya CJ, ganti baju lain, lalu ganti ke ped skin,ganti ke Cj lagi,ganti ke ped lagi dan suatu saat mendapati skin Grock yang semula benar akhirnya jadi putih,  ----> aku berkesimpulan bahwa bug textures putih ini memang dikarenakan pergantian skin dari CJ ke ped, yang secara default tak pernah ada di GTA San Andreas dan hanya mungkin dengan mod.
Kalau dipersenkan kemungkinannya adalah 99% karena hanya bolak-balik ganti skin yang kulakukan dan modnya juga benar saat diloading pertama kali dan tetap masih benar sesudah aku mengalami bug textures putih tersebut. Dan bugs itu juga tak/belum tentu muncul lagi,  alias merupakan kasus yang random dan jarang untuk PC.

Aku berkesimpulan seperti itu juga saat membaca info dari DK di GTAforums,

in GTA San Andreas, some textures are used to generate new textures, by performing a pixel-by-pixel copying. This copying algorythm works only for 32-bit uncompressed RGBA textures.
This applies to player.img textures and grunge texture in vehicle.txd.  


32 bit uncompressed RGBA itu format yang dipakai untuk Player. GTA SA engine akan "mengcopy" satu/ beberapa textures untuk dipakai bagi bagian badan player yang membutuhkannya. Contohnya adalah kaos putih (dan juga kaos hitamnya) CJ,vest, texturesnya hanya memilik gambar kaos dengan alpha tapi tak ada gambar untuk textures lengan. Textures lengannya digenerate dengan mengcopy atau menggunakan textures lain dari textures torso.



 .
 Kalau CJ -yang menggunakan textures dengan alpha seperti vest- ganti skin, otomatis GTAnya akan mencari textures kedua (torso) untuk mengisi bagian lengan
Ini akan berhasil kalau skin yang mengganti memang skin untuk CJ (player).

Tapi kalau dari ped (bukan CJ) ini kebanyakan bisa berhasil, tapi mungkin juga gagal dan menjadi  penyebab textures menjadi putih.

Memang seharusnya GTAnya akan menggunakan, textures dari skin tersebut dan melupakan mode default, karena saat itu yang diurus adalah ped dan bukan player (CJ). Tapi karena kacaunya memori, istilahku sendiri, kadang mungkin ped dianggap player sehingga texturenya tak ketemu.

 Aku tak mengalaminya di GTA Mobile Legends yang pertama,karena tak ada CJ disitu yang ada cuma kepalanya....

Saat ini di release kedua (yang sedang kupersiapkan); aku kini kembali menggunakan player.img release pertama yang mendisable CJ.
Karena menggunakan CJ akan menimbulkan lebih banyak bugs ke depannya; kalau mau terus di mod.
Juga kondisi CJ  yang bisa gemuk dan berotot akan menyulitkan pembuatan mod player body part lainnya. Tak bakalan telaten dalam membuat ratusan model untuk menyesuaikan perubahan bentuk badan tersebut.
Dan saat ini cara yang paling mudah -dan umum digunakan -adalah menggunakan satu tipe model saja, yang dipakai untuk ketiga clump (fat, ripped dan normal yang ada pada model player). Kalau kepala CJ  mungkin masih bisa dipakai.

Untuk Android problem textures putih ini bisa juga karena kemungkinan tool dan mod  skin selector. yang bermasalah dalam menjalankan tugasnya. Tapi bagaimanapun terjadinya, aku yakin baik di Android atau PC bugs textures putih  tak akan muncul tanpa mekanisme Player bodypart yang mencari textures yang akan dicopy ke lokasi yang lain.
Belum lagi ada mekanisme me-mapping UV untuk mencari textures tattoo dan memasangnya di bagian torso.

~Problem lain adalah beberapa rule yang kadang tak dipakai. Misal rule ; seluruh textures untuk torso harus berukuran sama. Kalau ada yang beda suatu saat di PC pasti crash. Misalnya textures torso CJ ukuran 256x256 dan ingin diganti dengan textures berukuran 512x512. Ini tak cukup hanya textures itu saja yang diganti, tapi semuanya harus diganti juga.

~Penyebab bugs lain kemungkinan datang dari tool, karena menyimpan file dengan format yang sedikit berbeda dengan aslinya, ketika textures di edit.
Aku tak akan membahas tentang ini karena belum seyakin penyebab bugs pertama.

Kalau bugs textures putih, karena gonta-ganti skin aku sudah cukup yakin itu akibat GTAnya sendiri yang akan mencari textures untuk dipakai di bagian CJ yang butuh alpha. 
Solusi test : 
Coba ganti skin ped untuk CJ ; saat CJ dalam keadaan normal dan saat CJ memakai pakaian tak beralpha, barangkali pakaian semacam  tuxedo yang berlengan panjang, kemudian baru ganti dengan ped skin yang diinginkan.

Mungkin ini bisa dicoba untuk GTA SA Android... walau aku tak tahu apa berhasil atau tidak untuk memecahkan solusi textures putih yang muncul di GTA Android, tapi kutulis disini untuk info bagi yang mau mencoba/(nge-test) dan bisa melakukannya, karena aku tak punya GTA SA Android.

Tulisan ini hanya teori penyebab yang kudapatkan saat ini dan bisa jadi aku berpendapat lain ketika menemukan hal lain,,,,Ku tulis untuk menshare pendapatku saja.

Post A Comment:

0 comments: